April 24, 2018
Sombong adalah sifat yang biasa ditujukan kepada mereka yang berbangga diri secara berlebihan kepada orang lain atas apa yang mereka miliki. Dalam konteks sosial, sombong adalah kejelekan yang ada pada dalam diri seseorang. Tidak ada orang yang menyukai orang yang sombong.

 Sombong dapat juga berarti merendahkan orang lain, karena orang yang sombong biasanya merasa bahwa dirinya adalah berbeda, lebih baik dibandingkan orang lain. Lalu bagaimana sifat sombong dalam islam ?

"Dan janganlah kamu memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan dimuka bumi dengan angkuh. sesungguhnya Allah tidak menyukai Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri. " (Q.S Luqman : 18)

 Dari surat diatas dikatakan bahwa Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong, sehingga jelas kita mengetahui bahwa sifat sombong adalah dilarang (Haram) dalam islam.

Dari Ibnu Mas'ud, Dari Nabi, beliau bersabda : "Tidak akan masuk surga orang yang didalam hatinya ada rasa sombong meskipun seberat biji sawi." Seorang laki-laki berkata, "Sesungguhnya setiap orang itu menyukai manakala bajunya bagus dan sandalnya bagus." Maka beliau bersabda, "Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan manusia." (H.R Muslim)

0 komentar untuk Beginilah Sifat Sombong Dalam Islam