August 05, 2018

Mengajarkan anak shalat sejak usia dini adalah suatu kewajiban bagi setiap orang tua, karena shalat merupakan rukun Islam  yang kedua sehingga setiap muslim diperintahkan untuk melaksanakannya. Khususnya shalat 5 waktu yang wajib hukumnya.

"Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Ajarkan anak kecil shalat saat berumur tujuh tahun, dan pukullah karena meninggalkannya saat berumur sepuluh tahun" (HR. Darimi: 1395)

Dari hadits diatas dijelaskan bahwa setiap orang tua diperintahkan untuk mengajarkan anak-anaknya shalat saat usianya 7 tahun, dan jika usianya beranjak 10 tahun sedang ia meninggalkan shalat maka pukullah ia (anaknya).

Dari hadits tersebut juga dijelaskan betapa pentingnya ibadah shalat.

"...dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan..." (Q.S Al-Ankabut 29:45)

Lalu bagaimana cara mengajarkan anak agar mau mendirikan shalat sejak dini ? Berikut beberapa tips diantaranya:

1. Mulai Dari Diri Kita Sendiri

Seorang anak biasanya tidak akan melakukan suatu hal kecuali mengikuti apa yang dikerjakan oleh orang-orang disekitarnya. Dan sebagai orang terdekat tentu saja orang tua adalah panutan terbaik bagi setiap anak. Karena itu, dirikan shalat sesuai perintah Allah SWT agar anak kita bisa melakukan hal yang sama seperti apa yang kita kerjakan.

2. Berikan Pengetahuan Tentang Akhirat

Memberikan pengajaran kepada anak tentang kehidupan setelah kematian juga merupakan sebuah kewajiban bagi setiap orang tua. Berikanlah pengetahuan tentang akhirat, tentang surga dan neraka. Tentang apa yang akan kita dapat jika melaksanakan kewajiban shalat, dan apa ganjaran bagi orang yang lalai dalam melaksanakannya.

3. Ajak Shalat Berjamaah

Mengajak anak shalat berjamaah di masjid/ mushala juga sangat dianjurkan khususnya untuk anak laki-laki. Karena mendirikan shalat berjamaah adalah lebih besar pahalanya dibanding shalat sendiri-sendiri.

"Shalat berjama'ah lebih utama dibandingkan shalat sendirian dengan dua puluh tujuh derajat." (HR. Bukhari: 609)

4. Awasi Pergaulannya

Jangan biarkan anak anda masuk kedalam lingkungan yang tidak benar yang akan merusak moral dan perilaku mereka dalam mendekatkan diri kepada Allah SWT. Karena itu selalu awasi pergaulannya agar bisa lebih dekat kepada Allah dan tidak lalai dengan shalatnya.

5. Memperdalam Ilmu Agamanya

Yaitu dengan memberikan pendidikan agama islam. Karena semakin dalam ilmu agama yang ia pelajari maka semakin besar pula keimanannya sebagai seorang muslim. sehingga tanpa diperintahkanpun ia akan sadar dengan kewajibannya sebagai seorang muslim.

0 komentar untuk Tips Cara Mengajarkan Anak Shalat Sejak Dini